Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Sistem Perawatan Perbaikan Otomotif


FUNGSI

Untuk mengendalikan arah gerak kendaraan 
  
SISTEM KEMUDI DIBEDAKAN MENJADI 2 JENIS, YAITU:

1. SISTEM KEMUDI MANUAL

2. SISTEM KEMUDI OTOMATIS (KEMUDI DAYA)


URAIAN

1. SISTEM KEMUDI MANUAL

KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI

1. STEERING WHEEL
2. STEERING COLUMN
3. STEERING GEAR
4. STEERING LINGKAGE

FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI

1. STEERING WHEEL

Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung

2. STEERING COLUMN

Untuk meneruskan arah putaran dari kemudi ke steering gear

3. STEERING GEAR

Untuk memungkinkan roda depan dapat diarahkan sesuai dengan arah putaran kemudi yang diinginkan

4. STEERING LINGKAGE

Sebagai penghubung untuk memindahkan tenaga putar dari steering wheel ke roda depan.

Pada dasarnya Steering Gear dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu :

a. Jenis Worm and Sector Roller

b. Jenis Worm and Sector

c. Jenis Screw Pin

d. Jenis Screw and Nut

e. Jenis Recirculating Ball

KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RECIRCULATING BALL

1. RODA KEMUDI

2. POROS UTAMA KEMUDI

3. BATANG KEMUDI

4. BAK RODA GIGI KEMUDI

5. LENGAN PITMAN

6. BATANG PENGHUBUNG

7. TIE ROD

8. LENGAN IDLER

9. LENGAN NAKEL

10. BALL JOINT SUSPENSI

11. BANTALAN ATAS

FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RECIRCULATING BALL

1.   RODA KEMUDI

Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung

2.   POROS UTAMA KEMUDI

Mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi

3.   BATANG KEMUDI

Tempat Poros Utama

4.   BAK RODA GIGI KEMUDI

Merubah gerak putar kemudi ke gerakkan maju mundur lengan penghubung

5.   LENGAN PITMAN

digerakkan maju mundur oleh bak roda gigi kemudi dan dihubungkan dengan batang penghubung

6.   BATANG PENGHUBUNG

Menghubungkan Tie Rod di sebelah kanan dan kiri

7.   TIE ROD

Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung

8.   LENGAN IDLER

Menunjang batang penghubung dan tie rod

9.   LENGAN NAKEL

Mengendalikan roda depan sesuai dengan gerakkan lengan penghubung

10. BALL JOINT SUSPENSI

Tempat berputarnya roda-roda depan

11. BANTALAN ATAS

Tempat dudukan peredam kejut

f. Jenis Rack and Pinion

KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RACK AND PINION

1. RODA KEMUDI
2. POROS UTAMA KEMUDI
3. BATANG KEMUDI
4. POROS INTERMEDIATE
5. RACK AND PINION
6. TIE ROD
7. SEPATU RACK
8. LENGAN NAKEL



KOMPONEN UTAMA RACK

1. BALL JOINT
2. TIE ROD
3. RACK
4. PINION
5. BOAT 

FUNGSI KOMPONEN UTAMA SISTEM KEMUDI JENIS RACK AND PINION

1. RODA KEMUDI 

Mengendalikan arah roda depan melalui lengan penghubung

2. POROS UTAMA KEMUDI

Mengirim gaya putar roda kemudi ke bak roda gigi kemudi

3. BATANG KEMUDI

Merupakan tempat poros utama

4. POROS INTERMEDIATE

Menghubungkan poros utama dan poros pinion

5. RACK AND PINION

Menambah gaya yang dikirim dari roda kemudi dan gerakkan putar dirubah menadi gerak translasi

6. TIE ROD

Menghubungkan lengan nakel dan batang penghubung

7. SEPATU RACK

Mencegah masuknya lumpur dan debu kedalam mekanisme rack

8. LENGAN NAKEL

Mengendalikan roda-roda depan sesuai dengan gerakkan lengan penghubung

Share: