Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Besaran Listrik Pada Otomotif

Besaran Listrik Pada Otomotif - adalah dasar bahan penghantar listrik yang tebuat dari bermacam-macam logam konduktor yang digunakan sebagai penghantar otomotif seperti alumunium, tembaga dan emas sedangkan besaran yang tidak dapat menghantarkan listrik seperti kertas, plastik disebut isolator berikut ini perbedaan konduktor dan isolator yang terletak pada Dasar Otomotif yaitu adanya eksistensi elektron bebas dalam bahan tersebut.    

Melanjutkan pembahasan mengenai besaran listrik dan satuannya saat ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu tegangan, tahanan dan arus listrik yang akan saya jelaskan satu persatu berdasarkan fungsi serta kegunaannya agar dapat mudah memahami sistem kerja kelistrikan otomotif dengan simbol dan perbedaan cara kerja dasar listrik otomotif serta alat ukur listrik pada masing-masing bagian tersebut di bawah ini.

Tegangan : Simbol  U  (Jerman : Ursache = penyebab) tegangan adalah penyebab mengalirnya elektron-   elektron pada konduktor dan dapat diukur dengan Voltmeter yang memiliki satuan V (Volt).


beda potensial tegangan listrik otomotif
Perbedaan potensial besar

Kutub yang kekurangan elektron disebut

Kutub yang kelebihan elektron disebut
Tegangan tinggi

Kutub positif

Kutub negatif

Arus listrik : Simbol I (Jerman : Intensitaet = Intensitas, besar arus) kuat arus adalah banyaknya Elektron-elektron yang mengalir melalui penghantar tiap detik yang dapat diukur dengan Amper Meter yang memiliki satuan A (Amper).

simbol dan alat ukur arus listrik

Untuk memahami cara kerja dan pengaruh tegangan terhadap besar arus listrik dapat diilustrasikan dengan aliran air seperti pada gambar dibawah ini.

cara kerja tegangan pada arus listrik

Tegangan kecil   ------   Arus kecil

  Tegangan besar   ------   Arus besar

Tahanan listrik : Simbol R (Jerman : Resistanz = tahanan/hambatan) tahanan adalah hambatan-hambatan yang dialami oleh elektron-elektron pada saat perpindahannya yang dapat diukur dengan Ohm meter yang mempunyai satuan Ω (ohm).

simbol dan alat ukur tahanan listrik

Untuk memahami cara kerja dan pengaruh besar tahanan dengan arus dapat diilustrasikan dengan aliran air seperti ilustrasi pada gambar dibawah ini.

cara kerja tahanan dengan arus

Tahanan besar   -------   Arus kecil

Tahanan kecil   -------   Arus besar

Hubungan antara tegangan, kuat arus dan tahanan ( U ), ( I ) dan ( R ) seperti simulasi gambar di bawah ini.

tegangan, kuat arus dan tahanan

Untuk memahami cara kerja dan hubungan tegangan, kuat arus dan tahanan dapat juga diilustrasikan dengan aliran air pada gambar dibawah ini.

hubungan tegangan, kuat arus dan tahanan

Kesimpulan :
Besar tekanan

Besar aliran air

Besar hambatan air
Besar tegangan

Besar arus

Besar tahanan


Demikian mengenai review Besaran listrik dan dasar listrik otomotif yang bisa saya sampaikan semoga dapat membantu Anda dalam memahami teknik kelistrikan pada mobil dan akhir kata sekian terima kasih....
Share: