Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Pengertian Dasar Proses Kerja Motor 4T

Pengertian Dasar Proses Kerja Motor 4T - merupakan metode belajar tentang Dasar Motor khususnya kali ini mengenai proses cara kerja sebuah motor 4 tak dan 2 tak untuk itu kami hari ini akan memberikan sebuah tips pembelajaran langkah-langkah kerja proses motor mulai dari saat pengisian, kompresi, usaha dan pembuangan. Materi ini adalah lanjutan dari teknik dasar otomotif sebelumnya yaitu Panduan Dasar Penggolongan Motor Torak dengan proses kerja dan fungsi pada motor 4 tak dan 2 tak maka kita akan lebih memahami lagi tentang Teori Dasar Pengertian Proses Kerja Motor 4 T sebagaimana mestinya.

Melanjutkan pengertian saat ini soal Dasar Otomotif yang mana memiliki sebuah alur cerita dari Metode Pengertian Dasar Proses Kerja Motor 4 T kali ini telah kami rangkum sesederhana mungkin sehingga uraian penjelasanya lebih terperinci dan mudah dipahami guna membantu anda yang sedang mempelajari Dasar Teknik Otomotif baik tingkat pemula maupun tingkat lanjut. Semoga artikel mengenai proses kerja motor 4 tak dan 2 ini bisa bermanfaat juga bagi kalangan smk dan kami juga telah menulis kembali panduan dasar terbaru yaitu Teknik Dasar Sistem Bahan Bakar Motor  meliputi sifat dan cara kerja bahan bakar dalam motor mesin injeksi untuk persingkat waktu baiklah mari kita mulai memahami penjabaran pengertian motor 4t di bawah ini.

1. Proses kerja motor 4 tak  "proses pengisian" "proses kompresi" "proses usaha" "proses buang"

Proses Pengisian Dan Kompresi Kerja Motor
Proses Pengisian : Pemasukan gas baru ke dalam silinder, melalui katup hisap
Proses Kompresi : Pemampatan gas baru dengan memperkecil ruang, sehingga tekanan dan temperatur naik, katup hisap dan katup buang menutup
Proses Usaha Dan Pembuangan Kerja Motor
Proses Usaha : Tekanan hasil pembakaran mendorong torak turun, katup hisap dan katup buang menutup
Proses Pembuangan : Pengeluaran gas bekas dari dalam silinder, melalui katup buang

2. Nama-nama bagian mekanisme engkol dan katup pada motor 4 tak
Bagian Mekanisme Motor 4 Tak
 1. Pena torak
 2. Roda gigi poros kam
 3. Roda gigi poros engkol
 4. Panci oli
 5. Busi
 6. Katup hisap
 7. Poros kam
 8. Tuas Katup
 9. Batang penggerak  
10. Poros engkol
11. Batang penekan katup
12. Karburator

3. Pengertian rumus dasar pada motor torak
Rumus Dasar Motor Torak
Keterangan :

TMA = Titik Mati Atas ( Batas teratas langkah torak )
TMB = Titik Mati Bawah ( Batas terbawah langkah torak )
  L = Panjang langkah torak dari TMB ke TMA
  r = Radius / Jari-jari engkol

kesimpulan rumusan panjang langkah torak = 2 kali radius engkol yaitu L = 2 x r

4. Proses kerja motor 4 tak serta kemampuan bekerja pada motor torak

Langkah Kerja Hisap Motor
Langkah kerja hisap

Torak bergerak dari TMA ke TMB, gas baru masuk silinder kemudian katup hisap terbuka dilanjutkan dengan katup buang tertutup.

Spesifikasi langkah kerja hisap:

1. Temperatur ≈ 20°C, Vakum 0,1 ÷ 0,6 bar
 
Langkah Kompresi Motor
Langkah kompresi

Torak bergerak dari TMB ke TMA, gas baru dikompresikan dalam ruang kompresi kemudian katup hisap tertutup dilanjutkan dengan katup buang tertutup.

Spesifikasi langkah kompresi:

1. Tekanan akhir kompresi = Otto = 1 ÷ 1,5 Mpa ( 10 ÷ 15 bar ), Diesel = 1,5 ÷ 4 Mpa ( 15 – 40 bar )
2. Temperatur akhir kompresi = Otto = 300 ÷ 6000C, Diesel = 700 ÷ 9000C

Langkah Usaha Kerja Motor
Langkah usaha atau kerja

Torak bergerak dari TMA ke TMB, terdorong tekanan gas hasil pembakaran kemudian katup hisap tertutup dilanjutkan katup buang tertutup.

Spesifikasi langkah usaha kerja:

1. Temperatur max pembakaran = Otto = 2000 ÷ 25000C, Diesel = 2000 ÷ 25000C
2. Tekanan max pembakaran = Otto = 3 ÷ 6 Mpa ( 30 ÷ 60 bar ), Diesel = 4 ÷ 12 Mpa (40 ÷ 120 bar)

Langkah Buang Motor
Langkah buang

Torak bergerak dari TMB ke TMA, gas buang keluar dari silinder kemudian katup hisap tertutup dilanjutkan katup buang terbuka.

Spesifikasi langkah buang:

1. Temperatur gas buang ( beban penuh ) = Otto = 600 ÷ 10000C, Diesel = 500 ÷ 6000C

5. Pengertian bagian-bagian motor 2 tak pada motor torak
Bagian Motor 2 tak
 1. Kepala silinder
 2. Saluran isap
 3. Sirip pendingin
 4. Torak
 5. Batang torak
 6. Poros engkol
 7. Bantalan batang torak
 8. Saluran buang
 9. Ruang engkol
10. Saluran bilas
11. Busi

6. Proses mekanisme kerja pada bagian-bagian motor torak 2 tak dan Langkah kerja.
Mekanisme Motor 2 tak
Motor 2 Tak adalah motor yang memerlukan 2 kali langkah torak (1 putaran poros engkol) untuk menghasilkan 1 kali usaha.
Tabel Mekanisme Motor 2 tak

Demikian akhir penjelasan mengenai Teknik Dasar Pengertian Proses Kerja Motor 4 Tak Dan 2 Tak semoga bisa bermanfaat dalam membantu anda memahami mengenai Teori Otomotif sekian terima kasih.
Share: