Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Panduan Dasar Penggolongan Motor Torak

Panduan Dasar Penggolongan Motor Torak - merupakan materi terbaru di Dasar Motor yang bertujuan untuk memberikan pemahaman soal berbagai golongan motor bakar torak 4 tak dan 2 tak yang mana Metode Dasar Penggolongan Motor Torak telah di bagi menjadi beberapa golongan mulai dari proses kerja hingga susunanya seperti motor 2 tak dan motor 4 tak baik yang menggunakan bahan bakar bensin, solar, minyak tanah dan gas yang berbentuk cair mengenai topik kali ini merupakan lanjutan dari topik sebelumnya yaitu Macam - Macam Konstruksi Motor Torak yang di hadirkan untuk anda di Dasar Teknik Otomotif dengan tujuan agar dapat kita pahami secara terperinci model dari berbagai konstruksi motor torak.

Melanjutkan mengenai tema dari Contoh Dasar Penggolongan Motor Torak saat ini akan lebih mudah di pahami jika kita juga mengetahui Pengertian Dasar Proses Kerja Motor 4 T yang akan disampaikan pada artikel lanjutannya sehingga akan mendapatkan pemahaman Dasar Otomotif lebih lanjut untuk tingkat pemula. Oleh sebab itu sesuai apa yang telah diuraikan diatas tentang golongan motor torak baik itu 4 tak dan 2 tak motor bakar ini memiliki beberapa metode kerja diantaranya metode bahan bakar motor torak, metode penyalaan motor torak, metode susunan silinder motor torak, metode pelumasan motor torak dan metode pendinginan alangkah baik jika kita bisa memahami secara terperinci seperti uraian artikel motor torak di bawah ini.

1. Motor torak 2 Tak adalah motor yang memerlukan 2 kali langkah kerja torak (satu putaran poros engkol) untuk menghasilkan satu kali usaha/kerja seprti yang tertera pada gambar di bawah ini.

Silinder Pembuangan Dan PembilasanSilinder Dengan Kompresi

I. pengisian silinder di lanjutkan dengan kompresi
II. pembakaran silinder di lanjutkan pembuangan dan pembilasan

2. Motor torak 4 Tak adalah motor yang membutuhkan 4 kali langkah kerja torak ( 2 kali putaran poros engkol ) untuk menghasilkan satu kali usaha seperti yang tertera pada gambar di bawah.

(a.) Torak bergerak turun dari TMA ke TMB    
(b.) Torak bergerak naik dari TMB ke TMA
(c.) Torak bergerak turun dari TMA ke TMB    
(d.) Torak bergerak naik dari TMB ke TMA

3. Motor torak bekerja berdasarkan jenis bahan bakar yang di gunakan baik itu cair/gas kita asumsikan motor torak bahan bakar cair yaitu bensin, solar dan minyak tanah. Sedangkan motor torak berbahan bakar gas contohnya Methan, Prophan (LPG) dan Gas tanah (LNG) seperti gambar berikut.

(a.) Bahan bakar di campur udara di luar silinder mesin   
(b.) Bahan bakar di campur udara di dalam silinder mesin 

4. Motor torak yang di jalankan melaui penyalaan terbagi menjadi 2 penyalaan yaitu dengan pengapian "bunga api pada busi" dan penyalaan diri "akibat temperatur yang tinggi" seperti contoh penjelasan gambar di bawah.
Keterangan gambar (a.)
  
1. Bensin dan udara dicampur pada karburator/saluran masuk            
2. Campuran dimasukkan kedalam silinder            
3. Bunga api dipercikkan pada busi pada busi dan akan membakar campuran

Keterangan gambar (b.)

1. Hanya udara yang dihisap oleh mesin          
2. Udara dikompresikan dengan tekanan tinggi sehingga temperatur juga tinggi          
3. Bahan bakar disemprotkan ke silinder dengan halus lalu menguap.          
4. Bahan bakar terbakar dengan sendirinya

5. Motor torak yang bekerja berdasarkan silinder terbagi menjadi 3 bagian yaitu silinder tersusun sebaris, silinder bebentuk V dan silinder boxer seprti pada gambaran di bawah.
(a.) Silinder tersusun Sebaris.      
(b.) Silinder berbentuk V.          
(c.) Silinder berbentuk Boxer.

6. Motor torak yang bekerja berdasarkan pelumasan di antaranya yaitu pelumasan "tekan" dan pelumasan "campur" bisa anda lihat pada gambar dibawah.
(a.) Pelumasan tekan prinsip kerjanya melalui oli dari panci dialirkan oleh pompa oli ke semua bagian yang perlu pelumasan. Sebagian oli disemprotkan/dipercikkan ke silinder. Selanjutnya oli akan kembali ke panci oli (Karter).

(b.) Pelumasan campur mempunyai sifat/cara kerja melalui oli yang di campur ke bahan bakar sebelum masuk ke silinder mesin, kemudian oli akan ikut terbakar di dalam silinder saat proses pelumasan dan selalu menggunakan proses dari oli yang baru.

7. Motor torak yang bekerja berdasarkan pendinginan di bagi menjadi 2 pendinginan yaitu sistem pendinginan motor torak dengan air dan sistem pendinginan motor torak melalui udara seprti pada uraian gambar di bawah.

Keterangan gambar (a.)

1. Air dirongga-rongga mesin berfungsi menyerap panas           
2. Pompa air mempercepat sirkulasi air pendingin           
3. Radiator memindahkan panas air ke udara luar

Keterangan gambar (b.) 

1. Sirip – sirip pendingin untuk memperluas bidang permukaan panas

Demikian info mengenai artikel Teori Dasar Panduan Penggolongan Motor Torak semoga berguna untuk anda semua dan menjadi lebih paham mengenai Teori Otomotif sekian terima kasih.
Share: