Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Teori Macam – Macam Konstruksi Motor Torak

Teori Macam - Macam Konstruksi Motor Torak - artikel kali ini melanjutkan pembahasan pada kategori Dasar Motor yang pada bab sebelumnya telah mengulas mengenai Dasar Pengubahan Tenaga Pada Motor Bakar maka sebelum kita memahami tentang kontruksi dari fungsi dasar motor torak serta macam - macam model motor torak perlu juga mengetahui sifat dan karakteristinya dari motor torak tersebut.

Melanjutkan mengenai Metode Macam - Macam Konstruksi Motor Torak kali ini yaitu tentang berbagi info seputar sifat motor mulai dari motor 2 tak  berbahan bakar bensin, motor 2 tak diesel, motor otto bensin 4 tak dan motor diesel 4 tak berbahan bakar solar tentunya pecinta automotive bisa mendapat wawasan yang lebih seputar Panduan Macam - Macam Konstruksi Motor Torak sehingga nantinya dapat memahami konsep Dasar Teknik Otomotif secara jelas, oleh sebab itu kami menyajikan model dari macam-macam konstruksi motor torak beserta contoh gambar yang ada pada penjelasan mesin motor di bawah ini yang mana setelah ini kami juga mengulas tentang Pengertian Dasar Motor Penggerak Mula.

a. Motor 2 Tak Bensin dan Sifat sifat yang menonjol
Motor 2 Tak Bensin
- Pendinginan dengan udara, getaran sirip keras
- Pelumasan silinder dengan mencampurkan oli kebahan bakar
- Pengisian, pembilasan, kompresi dan pembuangan lewat saluran diatur oleh torak
- Pembetukan campuran bahan bakar diluar silinder
- Penyalaan dengan sistem pengapian atau penyalaan diri 

 b. Motor 2 Tak Diesel dan Sifat –sifat yang menonjol
Motor 2 Tak Diesel
- Pendingin dengan air pendingin
- Pembilasan memanjang
- Memerlukan katup buang
- Pengisapan dan pembilasan dijalankan kompresor langsung menekan udara di silinder
- Pelumasan tekan
- penyalaan dengan penyalaan diri

Penggunaan Aplikasi : Kapal laut, Kereta api

c. Motor Otto Bensin 4 Tak dan Sifat-sifat yang menonjol
Motor Otto Bensin 4 Tak
- Pendinginan dengan air pendingin
- Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau percik (sistem panci, sirkulasi pompa oli)
- Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup
- Pembentukan campuran bahan bakar dan udara terjadi diluar silinder
- Pembakaran dengan sistem pengapian

d. Motor Diesel 4 Tak dan Sifat-sifat yang menonjol
Motor Diesel 4 Tak

- Pendingian dengan air pendingin
- Pelumasan silinder dengan semprotan oli atau percikan
- Pengisian, kompresi, pembuangan diatur oleh mekanisme katup
- Pembentukan campuran bahan bakar dan udara didalam silinder
- Pembakaran terjadi dengan sendirinya

Sekian informasi dari Dasar Otomotif tentang Dasar Macam - Macam Konstruksi Motor Torak tersebut saya harap apa yang telah tersaji di sini bermanfaat untuk pembelajaran seputar dunia otomotif sekian terima kasih.
Share: