Halo sobat setia pecinta automotif kali ini kami akan bagikan materi lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu prinsip kerja Dasar teknik sistem bahan bakar motor dan tema pembahasan untuk pembelajaran saat ini tentang Teori dasar sistem pengapian motor bakar yang mana merupakan sebuah Teori Otomotif yang juga amat penting untuk kita pelajari sehingga nantinya kita bisa melakukan analisa perbaikan pada sistem teori pengapian otomotif dengan benar sehingga ketika kita melakukan perawatan pada mobil yang sedang kita perbaiki dapat menentukan bagian-bagian mana saja yang harus kita cek secara tepat dan terbaik.
Melanjutkan dari pembahasan diatas tentang Fungsi sistem pengapian motor bakar kita perlu tahu dulu mengenai Fungsi konstruksi baterai aki dari sistem pengapian sebagai persyaratan dasar dalam memahaminya oleh karena itu kita wajib mengetahui macam-macam sistem pengapian baik itu pengapian dengan penyalaan sendiri maupun dengan bunga api listrik selain itu ada pula sistem pengapian dengan baterai dan sistem pengapian magnet beserta fungsi dan kerjanya akan kami terangkan secara jelas beserta contoh gambar pendukung sehingga materi kali ini lebih mudah dipahami dan di mengerti untuk lebih lengkapnya tentang materi dasar sistem pengapian bisa anda lihat pada penjelasan bawah ini.
Persyaratan Konstruksi Dasar Sistem Pengapian Motor Bakar
• Bahan bakar dikabutkan atau diuapkan contohnya pada gambar A dan B
• Perbanddingan campuran disesuaikan contohnya pada gambar A
• Temperatur capuran cukup tinggi contohnya pada gambar B
• Penyalaan pada saat yang tepat contohnya pada gambar contohnya pada gambar C
Macam - Macam Sistem Pengapian
1. Cara penyalaan bahan bakar pada motor bakar dibedakan menjadi 2 macam
Penyalaan atau pengapian Sendiri
Cara kerja dan penggunaanya :
• Akibat pemampatan dengan tekanan tinggi, temperatur udara mencapai 700 s/d 9000 C.
• Bahan bakar yang dimasukkan terbakar dengan sendirinya.
• Penggunaan pada motor Diesel.
Penyalaan atau pengapian bunga api listrik
Cara kerja dan penggunaanya :
• Pada akhir kompresi, bahan bakar dan udara di bakar dengan bunga api listrik dari busi.• Penggunaan pada motor otto atau bensin.
2. Cara penyalaan bahan bakar pada motor bakar dengan sistem pengapian baterai
Dasar prinsip kerja
• Tegangan baterai 12V ditransformasikan menjadi tegangan tinggi 5000 s/d 25 Kv, Kemudian dialirkan kebusi secara bergiliran yang diatur oleh rotor sesuai ketentuan urutan pengapian ( Firing Order )
Sifat dan karakteristik pengapian baterai
• Daya pengapian terbaik pada putaran rendah.• Saat pangapian ditentukan dengan putaran mesin dan beban mesin• Saat pengapian diatur secara mekanis menggunakan kontak pemutus (platina) atau secara elektronis
3. Cara penyalaan bahan bakar pada motor bakar dengan sistem pengapian magnet
Dasar prinsip kerja
• Pengapian magnet merupakan gabungan dari generator dan sistem pengapian
Sifat dan karakteristik pengapian magnet
• Sumber tegangan dari generator, sehingga motor dapat hidup tanpa baterai.• Daya pengapian terbaik pada putaran tinggi.• Putaran start harus lebih besar dari 200 rpm• Sering digunakan pada motor kecil seperti sepada motor
Ok itulah tadi teori dari Cara kerja sistem pengapian motor bakar semoga menjadi pembahasan yang bermanfaat untuk kita semua dalam menambah teori ilmu belajar praktis tentang dasar teknik otomotif sekian dulu dan terima kasih atas atensinya.