Cara Membuat Body Motor Dengan Fiberglas

Membuat Modifikasi Body Motor Fiberglas | Hai bro-sist,saya sedang dalam tahap pengerjaan Body Modifikasi Jupiter MX 2011 yang agak lebar ni,mai di modifikasi biar terlihat Sporty tentunya Modifikasi sendiri dong,gimana caranya?

Konsep Modifikasi Saya

Caranya adalah dengan membuat Modifikasi Motor dengan bahan-bahan yang banyak disebut dengan Fiber Glass,namun ada juga yang menggunakan Plstick biar lebih murah dan Lebih kuat.

Berikut Peralatan dan bahan-bahan yang sudah saya Siapkan:

Peralatan:
1. Grinda tangan atau ane biasanya nyebut slepan
2. Bor tangan
3. Ampelas (Ampelas meteran uk 400 dan ampelas kertas uk 1000 & 2000)
4. kape
5. kuas (uk 1 1/2 inci)
6. Kompressor
7. Spray Gun
8. Paint Brush (optional)

Bahan-bahan :
1. Tanah Liat
2. Resin Cair + catalyst/pengeras
3. Mat atau Serat Fiber
4. Dempul dua komponen
5. Dempul 1 komponen
6. Epoxy atau cat dasar
7. Cat Duco
8. Pernis atau Clear Coat
9. Thinner
10. Kalk atau bedak
11. Sabun Colek / Deterjen

Untuk yg sederhana, kita pakai tiga bahan dasarnya aja dulu seperti Resin, Matt, dan katalis. ketiga bahan td udh bisa bikin fiberglass, tp tentunya akan berpengaruh terhadap kualitas fiberglass, makin lengkap bahannya pasti makin bagus kualitasnya asalkan komposisi dan takarannya tepat.

Proses Pembuatan ada Bermacam-macam cara ada yang menggunakan Sofware LIGHTWAVE 3D atau 3DsMax.
Ada Juga dengan cara dari tanah liat,tanah Liat Ditempelkan sesuai bentuk keinginan Modifikasi anda,lalu tempelakan Kertas diatas tanah Liat tadi,fungsinya agar tanah liat tersebut tidek menempel denagn Fiber Glass,setelah itu Gunting dan tempelkan Serat Fiber Dibody Motor mengikuti gaya tanah liat,lalu oleskan Resin  ke body Motor agar Semua Body Motor menyatu dan mengeras.Namun saat melakukan penempelan usahakan jangan menekan Mody motor sebab takutnya nanti dampak tekanan tersebut akan mengubah bentuk Body Motor anda.dan pembuatan Body ini cukup sulit.


Setelah selesai Kering,langkah selanjutnya adalah memotong Body Motor,Potong-potong bagian yang tidak terpakai,misal jika anda ingin membuat lobang,atau membuat sedikit Lekukan,namur terlebih dahulu anda bersihkan Body motor dati tanah Liat dengan menggunakan deterjen hingga Bersih.

Setelah selesai memotong-motong bagian yang tidak penting  saatnya melakukan pendempulan,Amplas Dahulu body Motor dengan aplas yang agak kasar(UK 400) lalu dempul seluruh bagian Body Motor yang baru anda Buat.

Setelah dempul kering Aplas lagi permukaan Motor anda dengan menggunakan Aplas UK 400 dengan bantuan air(Biar pengerjaan agak cepat).Agar hasil lebih baik usahan mengunakan Alas pada Aplas anda,tujuannya agar saat pengamplasan tidak terjadi Lukukan yang tidak diinginkan karna penekanan pada Body akibat jari anda.

Tahap selanjutnya Jika sudah Body Berulang kali didempul dan diamplas,maka hasilnya akan lebih merata,sekarang campurkan Tiner + Hardener + Epoxy,campurkan sepermpat Haderner dengan Seperempat Expoxy,aduk lalu tuangkan Tiner.

Lalu semprotkan bahan ditas ke permukaan Body anda,Jarak idealnya adlah 40CM,lalu tunggu Epoxy kering,setelah kering lakukan pengamplasan dengan aplas halus,disini kita sudah bisa melihat hasilnya.

Setelah tahap tersebut selesai maka tahap selanjutnya adalah Pengecatan,usahana Cuaca dalam keadaan terang,perhatikan agar abu jangan sampai menempempel pada cat anda.Setelah kering lakukan pengecatan kedua dan ke tiga.

Tunggulah Beberapa saat sampai pengecatan ke3 selesai,setelah selesai saatnya Tahap Finishing,yakni dengan menggunakan Pernis + hardener + Thinner,dan technik ini paling penting dimana campuran harus pas,sebelum menyemprotkan Coba dahulu hasil semprotan anda pada Bisang lain(Usahakan Yang tidak anda Pakai lagi) Jika campuran yang anda semprotkan Tidak menetes maka campuran Pas,namun jika campuran menetes berarti campuran belum pas.Jika sudah pas Lakukan Pengecatan dengan Hati-hati.setelah pengecatan sudah selesai keringkan Body Motor anda dan Sudah jadi.

Reaksi:
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

You Might Also Like:

Disqus Comments
© Copyright 2014 - 2017 Share Panduan Teori Teknik Otomotif - All Rights Reserved - Created By Dasar Teknik Otomotif Diberdayakan oleh Blogger