Menangani Masalah Kopling Mega Pro

Menangani Masalah Kopling Honda New Mega Pro Selip -Meski tergolong baru, banyak pengguna Honda New Mega Pro yang mengeluhkan tarikan motornya jalan di tempat. Bukan lagi distandarin bro, tapi ketika mesin meraung motor ga mau lari. Bensin pun jadi boros dan motor menjadi tidak enak dipakai. Lantas bagian penghantar daya dituduh jadi biang kerok.

Masalahnya adalah karena bagian kopling yang rusak makanya mesin teriak tapi motor gak lari. Kerusakan di sekitar kopling meliputi kampas kopling gosong dan rumah kopling kemakan. Penyebabnya terjadi ada beberapa hal seperti telat mengganti oli, per kopling yang sudah lemah sampai gaya berkendara seperti sering selip kopling dan jarang pindahin gigi ke netral juga bikin kopling cepat aus di bagian kopling. Kalu sudah begini, pastinya harus keluar dana lebih untuk biaya perbaikan. Estimasi biaya bisa sampai Rp 500 ribuan. Tapi tenang, buat yang sudah terlanjur mengalaminya, bisa coba menggunakan langkah alternatif yang jauh lebih hemat.

Pertama, kampas kopling yang gosong memang haruslah diganti seluruhnya sebanyak 5 lembar. Bisa pakai punya Tiger, Megapro lama, sama Supra X. Kampas kopling ini sama dengan kampas kopling Honda New Mega Pro. Berikutnya cek rumah kampas kopling yang aus, apabila rumah kampas kopling terlihat ausnya belum parah, masih bisa dirapiin di tukang bubut. Nanti kampasnya dibikin jadi 6 lembar. 5 lembar kampas baru dan 1 yang bekas.

Biar kampas kopling dan rumahnya tidak rusak lagi. Per kopling bisa menggunakan per kopling merk R9 atau CLD yang bertipe racing. Per kopling ini memiliki tingkat kekerasan di atas bawaan standarnya. Tentu dengan maksud supaya per bisa menekan kampas kopling dengan lebih kuat supaya gak selip.


Buat yang merasa kopling menjadi lebih keras akibat diganti per bukan bawaan standarnya. Anda bisa mengakalinya dengan memanjangkan stut koplingnya. Biaya untuk perbaikan semuanya yakni penggantian kampas, bubut rumah kopling, ganti per kopling dan custom stut kopling cukup kurang lebih Rp 300 ribu saja. Pasti ngegigit lagi deh per koplingnya.

Reaksi:
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

You Might Also Like:

Disqus Comments
© Copyright 2014 - 2017 Share Panduan Teori Teknik Otomotif - All Rights Reserved - Created By Dasar Teknik Otomotif Diberdayakan oleh Blogger