Panduan Dasar Perawatan Mobil Toyota Agya

Materi dasar cara service mobil toyota agya dapat di lakukan secara berkala pada bagian mesin otomotif di toyota agya agar menjadi terawat sehingga selalu pada kondisi prima mesinnya, oleh karena itu perlu kita mengetahui dasar dasar otomotif guna perawatan mobil toyota agya supaya mesin motor kendaraan anda  berkinerja dengan baik, awet  dan  tahan lama. Lalu bagaimana caranya  merawat mobil toyota agya yang sesuai dengan apa yang tertera pada buku panduan user guide agar performa mobil jadi lebih maksimal dan komponen mobil akan memiliki life time lebih panjang usia pakainya, Biasanya terjadinya kerusakan komponen mesin dan tidak berfungsinya system pada kendaraan disebabkan oleh salah satu akibat dari kurangnya perawatan mesin kendaraan, karena kelalaian dalam perawatan mesin mobil  sering terjadi sebuah kasus yang tidak kita inginkan seperti halnya rem blong, ban aus secara tidak wajar adapula hingga bahan bakar menjadi boros, engine over  houl yaitu turun mesin dan lain sebagainya.

Panduan dasar otomotif mobil toyota agya yang harus diperhatikan adalah bagian-bagian pada semua kinerja yang mendukung mobil tersebut jadi terawat lebih baik mulai dari esteriornya hingga mesinya bisa anda pelajari di bawah atau bisa pula anda baca artikel kami lebih lanjut yaitu.
 


1. Membersihkan eksterior Kendaraan Anda

Ketika akan membersihkan eksterior mobil,pakailah busa atau kain yang berjenis microfiber supaya permukaan kendaraan tidak lecet dan saat mencuci dengan kontak tangan sebaiknya mesin sudah berada dalam kondisi dingin untuk menghindari tangan terkena panas mesin (untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada buku manual). Pakailah vacuum cleaner untuk menghirup debu dan kotoran kecil yang sudah menempel di karpet dan kursi.Kemudian usap sisa debu dengan kain lembut dibasahi dengan air hangat. Lap dengan kering dan lembut,biarkan mengering ditempat yang teduh (untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada buku manual).

2. Ganti oli

Apabila penggantian oli tidak dilakukan secara berkala maka kekentalan oli akan berubah akibat dari penumpukan kotoran dan lumpur yang melekat pada mesin dan oli mesin akan berwarna hitam pekat. Akibatnya adalah suara mesin tidak lembut , mesin rusak atau sulit untuk melakukan starter mesin mobil dan jangan pernah sekali-kali mencoba melakukan penambahan oli mesin tanpa melakukan penggantian sebelumnya karena akan menyebabkan penurunan kinerja minyak pelumas itu sendiri.

3. Penambahan cairan pendingin ( Liquid Colling ) pada radiator

Pemeriksaan air radiator juga  penting untuk menghindari over heating  (panas berlebihan) pada mesin pastikan cairan pendingin tidak kurang atau berada di titik level antara”FULL”dan LOW” jangan lupa juga periksa level cairan pendingin pada kondisi mesin dingin atau kondisi off yang perlu hati-hati jangan membuka tutup radiator pada kondisi mobil masih panas bisa berbahaya jika terkena cairanya.

4. Eksterior baterai (AKI).

Pastikan terminal baterai tidak berkarat dan ada sambungan yang longgar,retak,bocor atau krem yang longgar,fungsi baterai adalah memasok tenaga listrik untuk menghidupkan mesin dan untuk perangkat listrik, jika baterai tidak diperiksa maka volume elecrolyte akan menurun dan baterai tidak dapat di ”charge” rubah secara cukup, kondisi baterai memburuk, pelepasan dan kapasitas pengisian menurun.pastikan cairan baterai memadai (air destilasi) antara garis ialah "UPPER LEVER" dan ”LOWER LEVER”.

5. Pemeriksaan minyak pelumas

Ada Berbagai cairan dan minyak pelumas yang perlu di cek kondisinya secara berkala dan rutin . Komponen itu  adalah minyak rem, power steering, dan air pendingin mesin. Fungsi dari pelumas  sendiri yaitu merawat mesin maupun komponen lainnya agar tetap dalam kondisi prima.untuk memeriksa oli transmisi dan oli gardan bisa dilakukan ketika melakukan servis berkala dibengkel, lihat juga secara detail spesifikasi dari coolant dan oli yang dipergunakan pada kendaraan mobil agya anda kemudian tanyakan kepada mekanik bengkel untuk lebih detailnya.

6. Perawatan interval berdasar jarak tempuh

Pengaturan perawatan dan jadwal untuk mobil toyota agya hendaknya dilakukan pada jarak waktu (interval) yang telah ditentukan sesuai dengan yang ada pada buku panduan pemilik dan cara lain yang lebih mudah adalah dengan pembacaan di spedometer mobil atau hitungan hari pemakain namun khusus untuk  kendaraan toyota sendiri pada saat ini  perawatan berkala rutin  dilakukan setiap kelipatan 10.000 km  atau setiap 6 bulan sekali agar tetap stabil baik mesinnya namun anda dapat di antara keduanya mana yang tercapai  terlebih dahulu. Untuk kelanjutan cara rawat mobil toyota agya bisa anda gunakan interval service pertama untuk patokan melakukan servis-servis selanjutnya.

Demikian tadi diatas pembahasan panduan dasar cara rawat mobil toyota agya semoga artikel diatas yang telah kami sajikan dan anda baca dapat menjadi ilmu bermanfaat buat kita semua akhir kata sekian terima kasih atas kehadiranya di situs ini.

Reaksi:
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

You Might Also Like:

Disqus Comments
© Copyright 2014 - 2017 Share Panduan Teori Teknik Otomotif - All Rights Reserved - Created By Dasar Teknik Otomotif Diberdayakan oleh Blogger