Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Fungsi 12 Macam Indikator Jenis Mobil Panel Instrumen

Lampu Indikator banyak digunakan pada mobil dan motor untuk penunjuk atau pengingat pengemudi ketika mengoperasikannya mobil tersebut, maka melalui Indikator itu kita bisa mengontrol panel instrumen dashboard mobil agar pengemudi mendapatkan petunjuk seputar kondisi mobil pada saat itu. Lampu Indikator bukanlah sesuatu yang baru di mesin mobil dan mesin motor karena setiap produsen mobil dan motor telah membuat perangkatnya sedemikian rupa agar mudah dimengerti, namun tidak semua pengemudi memahami petunjuk yang diinformasikan indikator kepadanya. Bahkan ada yang menganggap lampu-lampu tersebut hanya sekedar hiasan yang memperindah panel instrumen.


Oleh karena itu kenali dan pahamilah informasi yang kami sampaikan barangkali berguna yaitu 12 fungsi sistem kerja Lampu Indikator mobil salah satunya ialah lampu indikator bergambar Sabuk Pengaman (Seat Belt) yang berkedip atau bahkan juga berbunyi untuk lebih jelasnya mengenai rincian masing-masing fungsi dari lampu indikator di bawah ini adalah arti dari beberapa Indikator yang umum ditemui pada panel instrumen :

1. Indikator Sabuk Pengaman :

Indikator ini merupakan peringatan untuk menggunakan Sabuk Pengaman. Umumnya Indikator ini akan terus menyala, berkedip atau berbunyi selama Sabuk Pengaman tidak digunakan. Saat Anda siap untuk berkendara, sebaiknya segera gunakan Sabuk Pengaman demi keselamatan Anda dan juga menghindari tilang.

2. Indikator Lampu Jauh :

Indikator ini menandakan bahwa Lampu Jauh (High Beam) sedang digunakan. Jika tidak dibutuhkan segera matikan karena lampu ini menyilaukan dan mengganggu penglihatan pengendara lain dan dapat menyebabkan kecelakaan.

3. Indikator Pintu Mobil :

Indikator ini menunjukan bahwa pintu mobil masih dalam keadaan terbuka (tidak benar-benar tertutup). Pada beberapa kendaraan dapat  lebih spesifik, misalnya pintu depan, belakang, kiri atau kanan.

4. Indikator Bahan Bakar :

Jika Indikator ini menyala, menandakan bahwa persediaan bensin di tangki mobil Anda menipis. Segeralah melakukan pengisian di SPBU terdekat.

5. Indikator Air bag :

Indikator ini menandakan bahwa ada masalah dengan sistem Airbag. Karena Airbag terhubung dengan banyak sensor dan komputer, maka lakukanlah perbaikan di bengkel resmi.

6. Indikator Rem Parkir :

Saat Anda menggunakan Rem Parkir (Parking Brake), maka indikator ini akan menyala. Mengingatkan Anda untuk melepasnya sebelum menjalankan mobil.

7. Indikator Rem :

Indikator ini menandakan bahwa ada masalah dengan Rem. Karena sistem pengereman merupakan salah satu bagian yang vital, maka segera periksakan masalah tersebut untuk mencegah terjadinya musibah.

8. Indikator ABS :

Jika mobil Anda dilengkapi sistem pengereman ABS dan Lampu Indikator tersebut menyala, maka mengindikasikan masalah pada sistem ABS. Meskipun sistem ABS bermasalah, rem tetap bekerja (dengan cara konvensional), namun membiarkannya berlarut dapat membuat biaya perbaikan membengkak.

9. Indikator Accu :

Saat Indikator ini menyala, bukan berarti ada masalah pada Aki (Accu) mobil, tetapi pada sistem kelistrikan mobil, seperti masalah kinerja alternator, regulator, dan kabel-kabel penghubung tidak optimal.

10. Indikator Temperatur Mesin :

Indikator ini menandakan suhu mesin atau radiator yang terlalu tinggi. Ada juga yang memiliki dua warna, yaitu hijau (keadaan suhu normal) dan merah (keadaan suhu tinggi / over heat). Jika Indikator ini menyala pada saat berkendara segeralah menepi dan matikan mesin.

11. Indikator Tekanan Oli :

Jika Indikator ini menyala, menandakan bahwa tekanan Oli rendah (volume Oli berkurang). Ini adalah masalah serius dan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti kegagalan pada funsi pompa oli dan sebagainya.

12. Indikator Periksa Mesin :

Indikator ini menandakan bahwa ada komponen dari mesin yang tidak berfungsi dengan baik. Komponen tersebut dapat berupa sensor atau komponen lainnya yang mendukung kerja mesin secara keseluruhan.

Nah itulah tadi contoh jenis-jenis Indikator mesin mobil dan motor diatas yang sering dijumpai pada umumnya saat pertama kali menghidupkan mesin mobil tentunya ada beberapa Indikator yang menyala beberapa detik guna menandakan bahwa indikator tersebut berfungsi dengan baik.
Share: