Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cara Service Motor Silinder 4 Tak

Cara Service Motor Silinder  4 Tak - Dasar motor silinder merupakan sebuah komponen penting yang ada pada bagian dari motor maka dari itu karena pentingnya sistem kerja dari mesin motor silinder dalam menopang kerja yang ada pada mesin sepeda motor kita akan memberikan sebuah tips cara service pada bagian motor silinder 4 tak agar bekerja secara optimal dan normal kembali. Untuk itu kita perlu mengetahui bagian-bagian dari gambar motor silinder 4 tak sebelum melanjutkan penjelasan secara terperinci mengenai dasar service motor silinder 4 tak di bawah ini.



Cara Service Komponen Kepala Silinder Motor 4 Tak

 Gambar Cara Service Motor Silinder 4 Tak



Cara Periksa Bagian Motor Silinder (Klep)

1. Periksa masing-masing klep terhadap ke olengan ke adaan ter bakar
2. Goresan-goresan atau ke ausan tangkai klep yang tidak normal
3. Periksa gerakan klep pada bos klepnya ngukur diameter luar masing-masing tangkai klep
4. Batas serpis untuk masuk dan buang 4,92 mm
5. Ukur diameter dalam masing-masing bos klep batas serpis 5,03 mm
6. Kurangi diameter luar masing-masing tangkai klep dari diameter dalam bos klep untuk memperoleh jarak tenggang antara tangkai klep dan bos klep batas servisnya (masuk 0,08 mm buang 0,10 mm)

Cara Periksa Bagian Motor Silinder (Noken AS)

1. Putarlah bagian luar dari bantalan poros hubungan dengan jari, harus berputar dengan halus tanpa berisik
2. Periksa cicin bagian dalam bantalan dalam keadaan terpasang
3. Ukurlah tiap tinggi hubungan batas servisnya (masuk 26,26 mm buang 26,00 mm)

Cara Periksa Bagian Motor Silinder (Kompresi)

1. Putar dengan jari pastikan bahwa hubungan kompresi hanya berputar searah jarum jam
2. Periksa plat penahan terhadap adanya kerusakan

Cara Bersihkan Bagian Kepala Motor Silinder

1. Bersihkan kepala silinder terhadap kerak-kerak karbon dalam ruang bakar
2. Bersihkan lubang busi dan daerah sekitar klep dari retakan-retakan

Cara Cek Bagian Motor Silinder (Pelatuk/Noken arem)

1. Periksalah permukaan pelatuk dan lubang-lubang oli
2. Ukur diameter dalam dari pelatuk
3. Batas serpisnya 10,10 mm
4. Periksa poros pelatuk ukur diameter luar,dengan batas serpis 9,91 mm

Cara Cek Bagian Motor Silinder (Pegas klep)

1. Ukur panjang bebas pegas dalam atau luar klep (Dalam :30,9 mm Luar 34,0 mm)

Ok cukup demikian dulu mengenai solusi dan tips Cara Rawat Dan Service Motor Silinder 4 Tak semoga bisa menjadi sebuah literatur belajar bersama dan berguna untuk kita semua dalam bidang ilmu otomotif indonesia di dasar motor otomotif.
Share: