Situs Tentang Seputar Dasar Teknik Otomotif

Wikipedia

Hasil penelusuran

Cara Penyetelan Sabuk Penggerak Mobil

Cara Penyetelan Sabuk Penggerak Mobil - adalah materi yang betujuan untuk memeriksa kondisi sabuk penggerak dan menyetel ketegangan sabuk penggerak pada mobil otomotif dengan menggunakan beberapa peralatan diantaranya yaitu kotak alat, pengungkit dan mobil / motor stand serta peralatan yang dibutuhkan lainnya mengenai panduan belajar teknik otomotif kali ini merupakan materi di Dasar Otomotif dalam memahami prisip kerja service mobil di bagian sabuk penggerak pada mesin mobil.

Melanjutkan mengenai cara perbaikan sabuk penggerak pada mobil saat ini merupakan materi kelanjutan dari Penggantian Elemen Saringan Oli pada bab sebelumnya yang dapat anda pelajari pula maka dari itu perlu memahami juga teknik perbaikan sabuk penggerak mesin automotive dengan langkah kerja sebagai berikut ini.

A. Langkah kerja dan pemeriksaan pada sabuk penggerak mobil :

- Periksa seluruh bagian sabuk penggerak jika ada sabuk yang rusak ( contoh pada gambar ) harus diganti dan jika tidak dapat diperiksa saat posisi terpasang maka sabuk harus dikeluarkan untuk diperiksa. 

Cara Periksa Sabuk Penggerak Mobil

- Periksa kedudukan sabuk penggerak jika kedudukannya pada puli terlalu dalam, sabuk harus diganti baru.

Kedudukan Sabuk Penggerak Mobil

- Stel ketegangan sabuk penggerak dan letak penyetelan biasanya pada pemegang generator serta gunakan alat pengungkit dan untuk penyetelan sabuk penggerak yang baik biasanya sabuk yang pendek dapat ditekan dengan tangan ≈ 10 mm sedangkan sabuk yang panjang ≈ 15 mm.

Cara Stel Ketegangan Sabuk Penggerak Mobil

1. Perhatikan ketegangan sabuk penggerak :

a. Kurang tegang sabuk akan slip dan cepat aus

b. Terlalu tegang mengakibatkan bantalan pompa air dan generator menjadi cepat rusak.

Bantalan Pompa Air Dan Generator Mobil

2. Jika sabuk harus diganti perhatikan ukurannya dan ukuran sabuk harus mengikuti normalisasi. :

Lebar : 9.5, 10.5, 11.5, 12.5 mm

Panjang : Pentahapannya adalah 25 mm misal : 800, 825, 850 mm dst

NB : Beri vet atau cairan khusus pada sabuk lama yang berbunyi.

Demikian penjelasan yang bisa saya sampaikan mengenai Cara penyetelan sabuk penggerak pada mobil otomotif semoga bisa bermanfaat sebagai bahan pembelajaran dan akhir kata terima kasih.
Share: